"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Rabu, 20 Desember 2017

Belanja Online? Gak Perlu Takut!

Hey folk! Lama sekali tak jumpa, udah di penghujung tahun aja nih. Perasaan baru kemaren tahun baru 2017 haha. Terasa pendek ya waktu. Salah satu tanda kiamat ini. Gawat. Belom tobat lagi. Hahaha. Jadi, bagaimana kabar kalian? Baik? Alhamdulillah. Gue pun baik, semakin baik karna lagi nunggu paket juga. Yap, gue belanja online. Kemajuan besar buat gue.

Ngomong-ngomong soal belanja online, minggu kemaren ada harbolnas tuh, hayoo siapa aja yang pada nguras gaji? Hahahaha. Enak ya jaman sekarang belanja aja mudah. Beli ini itu tinggal buka hape atau laptop. Ataaauuuu komputer kantor. Sepiknya serius kerja padahal bandingin harga. Cari diskon sama gratis ongkir.

Kali ini gue mau ngomongin tentang electronic commerce atau e-commerce. Apa sih e-commerce itu? E commerce atau bahasa Indonesianya perdagangan elektronik itu adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, www atau jaringan komputer lainya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. (Wiki)


Nah, di Indonesia sendiri, e-commerce ini lagi berkembang banget coy. Lagi pesat-pesatnya. Lagi booming-boomingnya. Trend. Sampe masyarakat sendiri kayak dibikin norak karna sekarang-sekarang ini, banyak masyarakat kalo beli apa-apa pengennya  online. Gile bener. Gimana enggak? Belanja online kadang jauh lebih murah ketimbang belanja langsung. Kenapa? Menurut gue, kalo belanja langsung itu mesti punya toko. Sewa tempat, bayar pegawai, banyak biaya-biaya yang mesti ditanggung penjual yang akhirnya dibebankan ke produk. Mulai sotoy. Kalo jualan online kan gak perlu tambah biaya-biaya macam sewa tempat atau gaji pegawai. Duduk aja di rumah sambil nonton tivi nunggu orderan masuk.

Yang gue tau, e-commerce itu ada 3 jenisnya, iklan baris, retail dan marketplace. Waduh apaan tuh? Coba gue jelasin atu-atu yee.

Iklan baris itu yang paling sederhana. Kayak evolusi iklan-iklan yang biasanya mejeng di koran sekarang pindah ke online. Jadi irit gak perlu beli koran. Tapi beli kuota internet ya, lebih mahal hahaha. Tapi jauh lebih mudah kok, kan bisa buka dimana aja, nebeng wifi juga bisa buka haha. Di e-commerce iklan baris ini ya sama kayak di koran. Cuma pasng iklan, yang setau gue gratis, bayar kalo mau dipajang jadi prioritas pencarian. Nanti pembeli sama penjual tinggal komunikasi aja masalah mau liat barangnya dimana, nego harganya berapa dan lain-lain. Pembayaran pun sesuai kesepakatan pembeli dan penjual. Penyedia situs atau app gak ada ikut campur. Contohnya kayak apa? Contohnya kayak OLX (dulunya tokobagus), berniaga, FJB kaskus (ini yang paling lama nih setau gue, sebelum belanja online gak setenar sekarang).

Terus ada juga yang jenisnya retail. Maksudnya gimana tuh? Untuk pengertian retail sendiri bisa klik retail. Nah, kalo yang jenisnya retail ini, proses jual-beli dilakukan langsung sama penyedia situs atau app melalui sistem yang udah diterapkan di situs atau aplikasi itu. Untuk pembayaran biasanya transfer, tapi sekarang banyak juga yang membolehkan bayar di tempat atau kita bayar saat paketnya dateng. Cuma dari yang gue liat sih pilihannya gak sebanyak marketplace. E-commerce jenis retail itu misalnya Berrybenka, Zalora dan masih banyak lagi.


Yang terakhir, jenis marketplace. Yang paling besar, semacam mall tapi online. Kalo di mall itu kan di dalemnya banyak toko-toko gitu tuh yang pada jualan, nah marketplace juga begitu. Penyedia situs atau app gak jualan, mereka cuma nyediain tempat buat jualan serta sebagai perantara. Jadi kalo kita pesen lewat situs atau app, pesenan kita gak akan disampein ke penjual sebelom kita bayar. Uang kita pun gak akan dikirim ke penjual sebelom paket kita sampe ke tangan kita. Marketplace ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat menurut gue, karna pilihannya banyak sekali. Para penjual bener-bener bersaing harga di sini, seperti gue bilang tadi, kayak mall. Enaknya, kalo barang yang kita mau abis stoknya di toko A, masih ada toko B, toko C dan seterusnya. Kita juga jadi bisa bandingin harga, diskon dan promo yang ditawarkan sama penjual. Kita juga bisa sortir kalo maunya cuma toko atau penjual yang ada di wilayah Jakarta atau paling enggak Jabodetabek biar pengiriman gak kelamaan. Pembayaran biasanya transfer atau bisa di minimarket atau top up saldo di akun kita. E-commerce marketplace itu kayak bukalapak, tokopedia dan lain-lain.

Masalah pengirimannya gimana, kalo di iklan baris ya tergantung kesepakatan, kalo retail kayaknya dikirim langsung sama kurirnya deh, tapi kalo marketplace biasanya kita bisa milih mau pake jasa pengiriman yang mana. Harga ongkos kirim juga gak selalu sama, tergantung jasa pengirimannya, dan mau yang lebih cepat atau reguler.

Yang gue rasain dari belanja online nih ya, mudah, murah, aman dalam masalah pembayaran (karna gue seringnya belanja di marketplace). Mungkin gue perlu share sedikit pengalaman gue tentang belanja online.

Gue paling sering belanja online di marketplace macam bukalapak, tokopedia sama shopee. Tergantung yang lebih murah mana. Biasanya gue bandingin diantara tiga marketplace itu. Kenapa kok di marketplace? Karna paling enak banding-bandingin harganya. Bisa chat penjual juga untuk nanya-nanya. Selama ini sih aman-aman aja. Sekalipun saat gue bayar tapi tau-tau stoknya abis dan dibatalkan sama penjual, uang gue bisa kembali. Kalo di marketplace setau gue gak bisa jadi tunai lagi, tapi jadi top up di akun lo dan itu aman gak akan tau-tau berkurang kecuali lo khilaf beli ini itu tapi gak mau ngaku udah beli ini itu kalo ditanya orang. Nah, karna uangnya ada di top up dan marketplace itu banyak pilihan, jadi uang di top up itu tetep bisa lo pake beli barang serupa di toko lain lagi tanpa ada potongan admin service atau apapun, gak ada ruginya kan? Kan emang niat mau beli juga haha.

Kalo beli di iklan baris macam OLX, jujur gue gak pernah. Gue lebih seringnya cuma liat-liat dan banding-bandingin harga mobil sama motor hahaha. Tempat gue buat ngayal. Karna di OLX itu ada macam-macam barang mau baru, mau bekas ada di situ. Kalo mau nego-nego tinggal telpon nomer penjual.

Kalo retail sih gue belom pernah coba. Terakhir gue belanja di lazada. Gue beli jaket buat ade gue, gamis buat nyokap sama action figure buat gue. Ini pengalaman pertama kali gue beli di lazada dan gue ngerasa aneh aja gitu rasanya. 



Gue beli beberapa barang dan gue jadiin dua tagihan pertama action figure kedua gamis dan jaket. Bukan bermaksud menjatuhkan atau meninggikan nama app ya, ini gue cuma share pengalaman aja. Saat gue order lewat situsnya di laptop, notifikasi sms muncul di hape gue karna gue verivikasi ke nomer hape. Gue pikir, keren juga gitu ada notif masuk ke hape. Jadi mudah kepantau walau gak ada kuota sekalipun. Waktu pembayaran 24 jam setelah pemesanan. Boljug. Gue dapet sms nomer pesanan sekian harus dibayarkan besok sampe jam sekian. Okay. Gue milih pembayaran di indomaret karna nyokap sama adek gue ngasihnya uang tunai. Siangnya gue belom sempet bayar tuh, masih nyuci baju haha. Tau-tau dapet notif lagi via sms, isinya sama kayak sebelomnya, tapi jam nya mundur 2 jam. Kenapa nih gue bilang, mungkin ada kelonggaran buat pemilik akun baru. Setelah itu gue dateng tuh ke indomaret, ternyata gak bisa, "jaringannya lagi offline" kata mbak kasirnya. Okay, biasalah itu mah, gue pun buka app lazada untuk ganti metode pembayaran. Biasanya gue kalo di bukalapak misal mendadak gak bisa transfer gue ganti pembayaran jadi bayar di indomaret atau sebaliknya, jadi fleksibel. Gue bingung di lazada kok gak ada opsi ubah metode pembayaran. Antara gue gak liat, gue gak ngerti atau emang gak ada. Gue coba buka 'pesanan saya' liat 'atur pesanan', gak bisa diapa-apain. Agak kecewa juga sih, tapi yauds, gue coba lagi malemnya, karna gue mau ada urusan juga.

Nah, pas maghrib, gue dapet notif sms lagi dari lazada, isinya 'segera lakukan pembayaran dalam waktu 2 jam'. Yang tadinya gue mau solat, malah jadi kesel karna tau-tau dinyolotin dan diburu-buruin. "E mangki! Lau bilang sampe besok jam 10 eek. Kenapa jadi buru-buruin gue?" kata gue dalem hati. Jadilah cabut buru-buru abis kongkow-kongkow imut. Buru-buru cari indomaret paling deket dan gue bayar, alhamdulillah jaringannya udah online. Setelah itu sih gue gak ada masalah. Gue cek di app, statusnya sedang di proses. Ya baguslah, mudah-mudahan beres. Di situ tertera perkiraan kapan paketnya sampe di tangan gue, pesanan gamis ama jaket sekitar seminggu karna di luar Jabodetabek. Yang satu lagi sekitar tiga minggu karna dikirim dari cina. Yak action figure gue diimpor dari cina hahaha. Lagian masa impor langsung lebih murah 200rb dari pada yang udah ada di lokal, gratis ongkos kirim lagi, jadi gak ada tambahan biaya segala macam, terima beres hahaha.

Keesokan harinya gue cek lagi statusnya. Jujur, gue emang orangnya kurang percayaan sama belanja online, takut ditipu, jadi seaman apapun, gue pasti pantau terus pesenan gue. Makanya gue bisa belanja online aja udah kemajuan besar banget. Balik lagi, actfig gue masih diproses, nah yang buat nyokap sama adek gue ini malah ditolak. Nah gimana tuh maksudnya? Gue periksa tuh di app sama di email gue, apa yang salah dari pesenan gue, apa stoknya abis atau telat pembayaran. Ternyata ditolak oleh penjual dengan alasan kesalahan sistem. Lah agak lucu sih ya. Terus lazada meminta gue isi formulir untuk refund atau pengembalian dana ke nomer rekening gue. Mungkin karna gue bayar via indomaret kali ya? Kalo transfer mungkin otomatis di kembaliin. Mungkin.

Gue ngerasa agak repot aja jadinya. Seperti yang gue bilang tadi gue ngerasa aneh belanja di lazada. Biasa belanja di bukalapak yang serba fleksibel, di lazada terasa kaku walau sistem notifnya gue suka banget. Atau mungkin karna gue kurang ngerti aturan di lazada. Entahlah. Proses pengembalian dana akan dilakukan 3 sampai 7 hari setelah isi form pengembalian dana. Agak lama ya, gak otomatis masuk ke top up.

Kalo ngerasa ribet kenapa gak COD? Atau bayar di tempat? Dude, gue gak selalu ada di rumah. Setiap hari gue pasti keluar rumah. Ya ada bokap sih di rumah terus karna udah gak kerja, tapi masa gue nyuruh bokap gue yang kasih uangnya? Kalo pun uangnya di pegang masing-masing sama adek dan nyokap gue, sama aja ribetnya, kalo barang dateng pas orang yang pegang duitnya gak ada? Siapa mau bayar? Gue sih senengnya gue bayar duluan, jadi kalo paket dateng ya paling bokap atau adek gue yang terima paketnya.

Jadi yaa, duitnya belom refund, actfig gue juga statusnya masih proses belom dikirim. Gue ngerasa ini kelamaan. Ada sedikit penyesalan pesen barang dari cina. Lama sekali. Kalo lokal, paling gini hari udah sampe paketnya haha.

Jadiii, yaaa itu e-commerce dan sedikit pengalaman gue tentang belanja online. Kali aja nambah wawasan. Kalo enggak ya minimal menghiburlah. Kalo gak menghibur juga, yaa, maap-maap aje yee udah ngambil waktu kalian hahaha. Makasih udah mau mampir lagi ke blog gue ini. Sampai ketemu lagi di post selanjutnya.

Bye~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil