"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Kamis, 10 Agustus 2017

Hard Time

Hey, folks! Agak gak enak badan gue sebenernya hari ini. Fisik gue gak se-dahsyat masa kuliah dulu. Dulu sehari cuma tidur 1 - 2 jam udah cukup, energi masih full lagi. sekarang boro-boro, kena angin dikit malah masuk angin haha.

Ditambah pola kerja gue juga sih sebenernya, yaa, bukan gak terima keadaan, cuma cerita aja. Gue kerja di pelabuhan. Yap, masih di PT Multi Terminal Indonesia yang pernah gue sebut di postingan gue dulu. Awalnya emang gue bagian arsip dan admin gudang dan lapangan, bantu manajer sama supervisi bikin laporan, cuma gak lama, cuma 5 bulan. Selanjutnya gue diposisikan sebagai planner di lapangan. Kerjaannya bikin rencana masuk dan keluar kontainer, karna gue kerja di lapangan penitipan kontainer bukan lapangan bola. Jadinya bikin rencana keluar masuk pemain nanti haha.

Lapangan ini buka 24/7 non-stop, kecuali hari raya. Kalo hari raya tutup 3 - 5 jam selanjutnya buka lagi. Dahsyat. Karna ini lapangan buka 24 jam, diberlakukanlah jam kerja shift. Harusnya sih ada 3 shift kerja, tapi karna kurang orang, jadi cuma ada 2 shift. Kita kerja 12 jam per/shift, 8 to 8. Non-stop, demi kelancaran perusahaan. Gue juga ikut kerja shift. Kerja pagi, kerja malem, 12 jam, pulang pergi naik motor, bikin pola tidur gue berantakan, bikin badan makin ringkih.

Yaudah sih jalanin aja, lagian kerja di pelabuhan kan enak, "basah".

Basah? Mbah mu kecebur kali. No! This is so wrong! Anggapan ini yang beredar di masyarakat salah banget. Gaji dan bonus memang besar. Kalo punya jabatan dan sudah karyawan tetap atau kita disini bilangnya "organik". Mirisnya di pelabuhan itu marak dengan outsourcing. Terjadi ketimpangan dan kecemburuan sosial. Kerja sama gaji kok beda jauh? Ini yang nyatanya terjadi di pelabuhan. Yang masih outsourcing biasanya direkrut dan dibayar oleh koperasi, dan kadang, katanya, maaf-maaf ya, suka banyak potongan gak jelas.

Lebih dahsyatnya lagi, masih ada pekerja-pekerja lepas atau freelance atau kita disini nyebutnya TKHL (Tenaga Kerja Harian Lepas). Semacam training pekerja tapi bukan. Kalo gue liat-liat di perusahaan lain di luar pelabuhan, training itu kisaran waktu 3 sampai 6 bulan lalu di kontrak untuk masa percobaan yang nantinya di kemudian hari akan diangkat sebagai karyawan tetap.

Disini, tenaga kerja yang dibayar harian bisa berkisar 3 bulan sampai 5 tahun. Tergantung mood perusahaan. Gue sendiri, jujur --dan maaf agak curcol--, gue masih freelance, udah 1 tahun lebih, kalo diitung-itung gaji gue masih dibawah UMR, gue tau bos-bos gue di kantor cabang ini lagi perjuangin pengajuan gue ke kantor pusat, tapi gue rasa gue udah kehilangan kesabaran disini. Gue udah ngebatin kalo sampe lebaran tahun ini gak ada kejelasan gue bakal pindah. Lebaran udah lewat beberapa bulan. Gue masih cari-cari kerjaan ditempat lain, cuma belom ada panggilan. Yaa, modal jobstreet doang sih karna gak ada waktu atau tenaga lebih buat muter-muter ngunjungin job fair.

Ya, alhamdulillah-nya, cewek gue udah kerja, jadi guru SD islam swasta hahaha. Jadi seenggaknya, dia bisa penuhin kebutuhannya dan gue jadi bisa mulai nabung lagi gak main dan jajan melulu hahaha. Saat-saat sekarang ini agak susah buat gue jelasin atau ekspresiin. Di satu sisi gue semangat buat nikahin cewek gue, di sisi lain, gue udah gak betah bahkan muak sama kerjaan gue sekarang. Gue butuh suasana baru. Liburan mungkin. Keluar pulau. Ke Bali, Singapore? Atau kemana gitu. Pengen sih, uang juga memadai, tapi kalo gue liburan gue gak ada uang buat beli rumah atau nikah. Gak mungkin gue liburan sendiri, pasti ngajak cewek gue. Bisa kejang-kejang atm gue. Weeesssss, sekarang ngomongnya atm haha, dulu masih kuliah ngomongnya dompet bahhahaha.

Ah, rumah kan bisa KPR, gampang gak usah cari alasan.

Bro, kalo beli rumah DP-nya cuma goceng gue bayarin dah. Ini masalahnya rumah udah pada mahal. Ditambah lagi gue gak bisa ngajuin kredit apapun, karna belum karyawan tetap. Gue kerja harian, macam buruh atau kuli angkut barang di pelabuhan.

Gue juga masih pengen lanjut kuliah magister. Gue butuh ilmunya. Selama gue sekolah dan kuliah gue cuma sekedar butuh ijazah. Tapi setelah gue kuliah tingkat akhir baru gue kepikiran butuh ilmunya. Telat banget hahaha. Masa-masa kuliah gue adalah masa emas. Sekarang gue merasa kayak masa emas gue dirampas. Waktu gue, tenaga gue, temen-temen gue, kebebasan gue. Begitu banyak beban dan penghalang buat gue biar bisa bahagia lagi. Mau liburan gak bisa. Mau main sama temen gak bisa. Mau beli gitar impian tetep gak bisa walaupun uang ada. Mau beli rumah gak bisa. Berat banget masa-masa ini. Gue butuh support, butuh energi positif tambahan. Tapi gak ada yang bisa bantu. Karna orang lain terutama semua temen-temen gue juga lagi menghadapi masalah yang sama.

Masuk ke dunia kerja berarti siap jadi dewasa. Waktu awal gue kerja, gue gak siap. Gue stress. Terlalu banyak beban yang baru gue kenal. Harus ngerti pajak, harus ngerti bersikap, disiplin, dll. Gue masih pengen main. Persetan orang mau bilang gue gak dewasa. Gue capek, gue belom dapetin apa yang gue mau. Rasanya semua capek gue yang nikmatin hasilnya orang lain. Gak sampe 10% gue bisa nikmatin rasanya.

Haaahh, sorry kalo post kali ini agak terlalu drama dan penuh keluhan. Gue cuma lelah. Ini pun gue baru sempet punya waktu buat gue sendiri. Baru bisa gue pake buat buka blog lagi. Ini pun, nanti malem gue mesti kerja.

Hhhhh, fuck.

Well, sekali lagi gue minta maaf atas post yang sangat gak bermanfaat kali ini. Sorry. Gue rasa cukup segini aja keluhan gue kali ini. Kalo ada yang punya saran buat gue biar gak terpuruk kayak gini, boleh komen silahkan. Tapi kalo mau bilang, "bersyukurlah karna masih banyak yang lebih sulit hidupnya dari lo" mending gak usah gak ngaruh. Atau kalo mau ngerendahin gue dengan bilang cowok cemen, kekanak-kanakan atau sejenisnya. Mending gak usah gak membantu sama sekali. Gila gue jutek banget. Maap yak.

Bye~

1 komentar:

  1. Dibaca dari postingan sepertinya lau sedang stress berat ya agan? huahaha. Ada quotes bilang jalanin yang lu suka. Lakuin yang lu cinta. Kalo gak suka, gak cinta, lepasin, tinggalin. Tapi dampaknya pasti ada. Ya balik lagi, hidup pilihan.

    Pilih kerja banting tulang demi meraih yang di impikan, resikonya waktu kebuang, waktu santai untuk main gak ada.

    Pilih kakao talk (waktu bebas) supaya bisa santai, main, melepas penat, resikonya gak ada income atau mungkin sedikit income (pendapatan).

    Gak usah terlalu di stress in, tapi kalo udah kelewat stress ya kudu dilepas. Cari jalan menuju roma yang lain karena setiap masalah pasti ada solusinya dan setiap solusi pasti ada hikmahnya. Anjay. bye!

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

We fight back