"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Rabu, 24 Mei 2017

Tips dan Trik Untuk Para Job Seekers Saat Melamar Kerja

Hai sayang. Maksudnya, hey folks!! Dengan gue lagi di blog ini. Ya gue lah, mau siapa emangnya? Ini kan blog gue. Kenapa gue bisa ngeblog sore-sore? Ya jelas karna kerjaan gue udah beres hahaha. Bukan sok rajin, tapi menuntaskan kerjaan itu banyak manfaatnya, ada nilai lebih di mata atasan, gak jadi beban pikiran dan yang jelas jadi punya waktu luang buat kayak gini, bikin post.

Keren yah, ga je blog! mulai pake gambar lagi haha

Kali ini gue mau coba berbagi tips tentang "Gimana sih caranya biar cepet dapet kerja?" menurut pengalaman gue. Mungkin gue gak sukses-sukses amat cari kerja, karna memang sulit dan dari faktor diri guenya juga hahaha. Sekali lagi, ini sih menurut pengalaman gue. Semoga membantu biar lo sigap dan gak nyesel di kemudian hari.

Okay kita mulai. Get ready baby.


APA YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM LULUS?

Masih sekolah? Kuliah? Setelah lulus mau langsung kerja? Nah, berarti lo ada di masa paling penting. Mempercantik dan memperindah nilai kelulusan. Mungkin klise, tapi ini kenyataan. Nilai lo harus bagus, ini adalah modal awal. Ibarat kalo moto gp, punya nilai tinggi itu menentukan posisi, semakin tinggi semakin mungkin meraih pole position.

Gini, gue kasih tau. Saat lo naro CV, biasanya juga disertai sama nilai kelulusan lo atau transkrip. Nah, nilai juga pasti diliat. Men, cari kerja susah karna lapangan pekerjaan yang ada gak sanggup menampung jumlah pengangguran atau bahasa kerennya Job Seeker (pencari kerja). Tersedia 1 lowongan pekerjaan yang daftarin diri bisa ratusan bahkan gak jarang ribuan, tergantung perusahaan mana juga. Menurut lo yang punya nilai jelek akan dipertahankan untuk perbandingan? Enggak. CV lo, kalo nilai lo jelek, bakal dibuang hanya sekali liat. Kerjaan mereka banyak. CV numpuk. Mereka cuma cari yang paling sesuai dengan kriteria.

Kayak acara talent show, disortir, yang jelek disingkirin. Yang bagus dan yang lebih sesuai kriteria disimpen untuk seleksi selanjutnya. Jadi kenapa gak raih pole position selagi bisa?


APA YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH LULUS?

Ini dia, setelah lulus berarti lo harus siap terjun ke hutan belantara. Cuma kiasan. Inilah dunia yang sebenernya, no body can save your ass, except yourself. Gak ada lagi berlindung di ketek orang tua, minta uang, minta ini itu. Setelah lulus, udah waktunya lo meningkatkan kualitas diri. Okay, coba simak yang berikut ini.

1. Tetap belajar
Setelah lulus ini yang harus lo lakukan, tetap dilakukan maksudnya. Punya nilai bagus berarti harus bisa pertanggung jawabkan nilainya. Walaupun dulu modal nyontek. Tujuannya, saat ditanya pas wawancara nanti gak bengong. Atau saat kerja nanti gak ada omongan "Kamu di sekolah/kampus ngapain aja? Kok cuma begini aja gak ngerti?". Memang diajarin lagi nanti setelah keterima, tapi kalo gak ngerti sama sekali, malu juga keles hahaha.

2. Belajar bahasa Inggris
Ya, ini juga penting. Beberapa perusahaan --apalagi perusahaan asing-- mewajibkan pekerjanya untuk bisa dan lancar berbahasa inggris, walaupun nanti sehari-hari pake bahasa Indonesia. Gak jarang juga wawancara dilakukan dengan bahasa inggris. Jangan ngerasa lancar bahasa inggris karna lo ngerti lagu bahasa inggris dan sering main game berbahasa inggris. Lancar itu berarti lo bisa nulisnya, dengernya dan ngomongnya. Gak cuma bacanya.

Merasa lancar? Gue ingetin lagi, kalo lo cuma bisa "What the fuck motherfucker?!" atau "you're such a moron." atau kata-kata slengean lainnya, mending lo belajar lagi. Coba berbahasa yang sopan walaupun itu bahasa inggris. Jago nyindir dan menghina orang pake bahasa inggris di sosial media gak bikin lo lancar berbahasa inggris.

"Kenapa harus bisa bahasa inggris? Kan kita di Indonesia, harusnya bahasa Indonesia yang wajib!"

Bahasa Inggris udah diresmikan sebagai bahasa internasional. That's why. Kalo lo coba ngelamar di perusahaan besar apalagi multinasional, ya udah jelas wajib. Kalo ada customer asing gimana? Mau jawab dia pake bahasa sunda?

Yang jelas ini nilai plus kalo lo bisa. Jujur aja, jarang orang yang lancar, kebanyakan cuma bahasa Inggris belepetan.

3. Ikut TOEFL
Gak perlu gue bertele-tele kenapanya, karna ini bukti konkret lo bisa bahasa Inggris karna ada sertifikatnya.

4. Ikut Seminar dan Kursus
Ini juga penting kalo mau naikin nilai jual lo di mata perusahaan dan penyedia lapangan kerja. Karna sertifikatnya bisa jadi bukti lo ikut pelatihan di luar sekolah atau kuliah.

"Tapi kursus apa?"

Ya tergantung elu, mau kerja apa? Bidang lo apa? Saran gue yang berkaitan aja kursusnya, biar terkesan spesialis haha. Sekarang tuh lebih dicari yang spesialis, jadi gak perlu banyak ngajarin.

5. Belajar komputer
Men, jaman sekarang kalo gaptek pasti ketinggalan. Smartphone aja cepat berubah jadi stupidphone saking cepatnya kemajuan teknologi hahaha.

"Yaelah, cuma komputer masa gak bisa, norak amat."

Jangan anggap remeh kalo lo pake komputer cuma buat online sama main game. Belajar ms. office. Biar kata lo pernah pake ms. word, ms. excel ama power point, tapi lo yakin udah ahli pakenya? Seluk beluknya? Jangan ngaku-ngaku bisa kalo geser margin aja bingung. Jangan ngaku bisa kalo nambahin grafik aja lo keder. Jangan ngaku bisa kalo slide power point lo cuma isi copas dari word.

Emang gak semua pekerjaan pake ms. office. Tapi ini Jelas modal awal.


APA YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MELAMAR KERJA?

"Okay, gue udah belajar nih, modal gue banyak buat cari kerja. Berarti nanti jadi gampang dong?"

1. Mental
Whoa, whoa, sabar. Semua butuh persiapan. Pertama dan yang paling utama, adalah mental bersaing. Saat lo cari kerja nanti lo harus siap bersaing, lo kan punya modal, jangan sampe ngedown liat modal orang lain lebih wah dari modal lo. Harus tetep pede. Sekalipun nanti gagal jangan takut coba lagi ditempat lain

2. Daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae)
Bikin semenarik mungkin tapi gak norak. Simple gak bertele-tele tapi eye catching. Jadi pihak personalia tertarik untuk liat CV lo. Gak jarang orang dengan modal dan pengalaman bagus CV nya kelewat gitu aja. Men, Personalia itu juga manusia, pasti ada capeknya dan pasti ada jenuhnya. Apa lagi kalo cuma liatin CV yang bertumpuk-tumpuk seharian. Kalo dia capek gak jarang cuma sengambilnya aja. Jadi usahakan CV lo cukup menarik perhatian biar diambil dan dibaca sampe habis. Dan jangan lupa cetak yang banyak. Jadi pas butuh atau ada yang nawarin gak repot print dulu, tinggal kasih. Act like you're profesionals.

3. Dokumen pendukung
Ikut seminar, kursus, pelatihan, toefl dan sejenisnya? Ada Sertifikatnya? Nah ini di-fotocopy yang banyak juga dan dilampirin bareng CV. Terus masukin CV dan dokumen lainnya ke dalem map, biar rapih.

4. Buat soft copy CV dan dokumen pendukung
CV mungkin udah ada di word, tapi saran gue lo siapin juga file pdf-nya, mengurangi kemungkinan manipulasi dan sabotase data pribadi lo. Untuk dokumen pendukung, mending lo scan. Setelah semua ada soft copy-nya, masukin dalam satu folder, lalu lo simpen di flashdisk dan drive online macam google drive atau dropbox. Jadi kalo hard copy lo abis atau dibutuhinnya soft copy (ini mulai banyak diterapkan di beberapa job fair untuk mengurangi penggunaan kertas) lo punya soft copy-nya. Kenapa harus disiapin di drive juga? Biar kalo suatu saat fd lo kena virus atau ilang atau ketinggalan, lo tinggal download dari hape, lalu kirim email.

5. Jaga kesehatan
Oh, jelas. Jangan sampe nanti lo dapet panggilan malah pas lagi sakit. Sekalipun cuma batuk atau pilek, itu pun amat sangat mengganggu.


BAGAIMANA CARANYA MENDAPATKAN INFO LOWONGAN KERJA?

"Okay, udah siap nih terus gimana?"

1. Daftar ke situs pencari kerja
Yaaa, semacam JobStreet atau LinkedIn. Sebenernya banyak situsnya, cuma dua ini yang paling banyak dipake setau gue. Disini lo bisa bikin CV Online. Masukin data yang lo rasa perlu dan gak bertele-tele. Padat namun jelas dan jelas-jelas gak curhat, karna itu CV bukan blog pribadi. Di situs-situs macem gini, gak cuma lo yang cari perusahaan, tapi perusahaan juga cari calon karyawan. Jadi sama-sama nyari, kemungkinan ketemunya lebih besar.

Selektif dalam mencari lowongan, baca dan cari info tentang posisi yang akan lo lamar. Jangan main lamar-lamar aja tapi lo gak tau posisi itu kerjanya ngapain. Jangan sembrono juga ngelamarnya, baca profil perusahaan itu juga. Kalo kurang jelas, cari di google. Jangan sampe salah. Sekiranya kurang jelas profil dan deskripsinya itu perusahaan, gue saranin jangan, karna nanti buang waktu. Kalo lo seneng ambil resiko ya silahkan.

2. Ikut Job Fair
Ini adalah cara paling umum yang dilakukan para job seekers. Job Fair itu kalo bahasa Indonesianya adalah bursa kerja atau bursa karir. Disini lo bisa temuin berbagai perusahaan yang sedang mencari calon pekerja berkualitas. Di sini juga lo bisa tunjukin kualitas lo dengan naro CV dan dokumen pelengkap yang udah gue sebutin tadi. Akan banyak banget job seekers yang dateng dan naro CV-nya di stand perusahaan-perusahaan tersebut.

Biasanya kalo di Jakarta adanya di gedung Smesco dan Balai Kartini, ini paling sering. Tapi tergantung yang ngadain acara juga, kadang ada di kampus-kampus juga di sekitaran Jakarta. Untuk info tentang Job Fair itu sendiri lo bisa cari di google, biasanya ada yang post jadwal-jadwal Job Fair. Bisa juga cari tau lewat akun facebook atau twitter sang penyelenggara Job Fair. Oh iya, biasanya untuk bisa masuk ke dalam harus bayar tiket masuk. Tapi ada juga beberapa Job Fair yang gratis.

Saran gue sebelum dateng ke Job Fair, bawa dokumen selengkap-lengkapnya. Bawa foto ukuran 3x4 atau 4x6 formal berwarna yang banyak. Bawa CV dan dokumen juga yang banyak karna disana banyak perusahaan, rugi kalo cuma naro CV-nya sedikit. Jangan lupa bawa pulpen dan banyak paper clip untuk jaga-jaga, gak jarang perusahaan yang nyediain formulir, jadi kita tinggal isi dan cukup lampirin foto. Baca sebelom lo taro CV, kalo emang diri lo gak sesuai kriteria dengan lowongan yang ditawarkan, gak usah naro CV, percuma kurang-kurangin stok CV lo doang haha. Jangan malu tanya kalo gak ngerti sama lowongan yang ditawarkan. Satu lagi, jangan terlalu berharap dengan satu lowongan pekerjaan di satu perusahaan. Coy, kita ini nebar jala, dengan harapan memperbesar peluang dapet ikan. Kalo fokus dan cuma pake satu serokan ke satu ikan, ya susah dapetnya. Nanti kalo gak dapet patah hati lagi haha.

3. Walk in Interview
Cukup banyak perusahaan yang menerapkan metode perekrutan kayak gini, lebih cepet, lebih simpel, proses seleksi gak pake kumpulin CV dulu, langsung interview di tempat dan waktu yang udah ditentuin. Gak jarang Walk in Interview ini diadain di job fair, biasanya perusahaan itu siapin ruangan atau bisa juga langsung di booth untuk interview. Ada juga yang sebar info di job fair, sosmed, pamflet dll. Jadi kalo lo tertarik sama posisi atau lowongan yang ditawarkan si perusahaan, lo bisa langsung dateng buat interview.

Nah, karna proses seleksinya langsung interview tanpa kumpulin CV lebih dulu, jangan kaget kalo nanti di ruang tunggunya super rame sama job seekers lainnya. Tapi harus tetep bawa CV ya, jangan mentang-mentang langsung interview jadi gak bawa. Harus tetep bawa hard copy CV dan soft copy-nya.

Biasanya prosesnya gini, lo dateng ke kantor atau tempat interview yang udah ditentuin sesuai jadwal, ketemu resepsionis atau orang HR yang udah nunggu kasih CV dan dokumen pelengkap ke dia, baru nunggu dipanggil. Pas dipanggil baru interview, jangan kaget juga kalo pas interview sekali panggil di-interview rame-rame, waktu mereka juga terbatas. Biasanya yang ditanya gak begitu detail, mereka cuma mau liat cara pembawaan lo, cara lo bicara, bahasa tubuh lo, antusias lo sama loker yang ditawarkan. Jadi bersikaplah profesional, gak norak gak angkuh, gak minta-minta pekerjaan, gak terlalu diem juga.

4. Perluas koneksi dan kenalan
Ini penting. Makin banyak kenalan, makin banyak juga peluang dapet jodoh informasi. Saat ke job fair atau ada panggilan interview lo pasti gak sendirian, coba untuk lebih cair, kenalan, ngobrol, kali aja bisa jadi temen atau malah pasangan hidup. Ciyee. Okay, serius. Dari lo nambah temen, lo bisa saling introspeksi diri masing-masing, apa yang kurang, apa yang berlebihan. Bisa juga jadi tuker-tukeran info loker.

Gak sebatas kenalan dari job fair aja, lo bisa kenalan dimana aja, tempat nongkrong, dari nolong orang, dari mana-manalah. Kali aja pas lo kenalan dan lo jelasin kalo lo lagi cari kerja, mereka tau info atau malah mereka lagi cari orang buat direkrut. Karna perusahaan-perusahaan manufaktur yang gak terlalu besar itu gak terlalu banyak ngiklan atau ikutan job fair.

5. Keluarga
Coba tanya keluarga, dari om tante sepupu kali aja mereka punya info atau di kantornya lagi butuh orang atau bahkan mereka bisa rekomendasiin lo masuk kantornya. Kayak gue hahahaha.

6. Media cetak
Coba cari di koran atau majalah, mungkin. Biasanya ada bagian info loker. Tapi udah gak terlalu ngetren sih pasang info loker di koran. Tapi mungkin masih ada dan gak banyak job seekers yang cari info di koran, jadi kemungkinan dapet panggilan lebih besar. Inget jangan mengharapkan perusahaan besar di info koran, perusahaan besar kasih info pasti di job fair atau web lebih ampuh dapet calon karyawan. Biasanya yang pasang iklan di koran perusahaan yang gak terlalu besar dan gak suka ribet. Tiap perusahaan yang ada di job fair itu bayar ke pelaksana job fair, perusahaan kecil mana mau buang-buang uang kayak gitu, ditambah lagi harus naro orang buat jaga stand, belom transportnya, belom makannya, uang mulu, bangkrut nanti hahaha.

7. Internet
Bukan dari situs pencari kerja aja kita bisa dapet info dari internet. Banyak juga web atau blog yang khusus isinya info loker dan selalu update tiap bulan, mereka biasanya kasih uraiannya, lowongan apa yang ditawarkan, kriterianya, job desc nya, alamat, kontak yang bisa dihubingi, dan situs perusahaan. Bisa juga lo samperin situs-situs perusahaan kayak bank, otomotif, swalayan, stasiun radio, stasiun televisi dan lainnya. Cari bagian careers atau karir biasanya ada di tab atas atau di halaman paling bawah. Kalo di bawah tulisannya kecil biasanya.

Kalo ada, biasanya ada tuh deskripsi tentang lowongannya, tapi kalo gak ada ya jangan maksa. Ini pengalaman gue nih, si perusahaan gak ngadain perekrutan tapi gue tetep kirimin cv via email. Alhasil gue banyak dapat balasan kalo mereka gak ngadain perekrutan dan hati-hati dengan penipuan bla bla bla. Gue nyengir doang dan ngerasa bersalah krna spaming email perusahaan.

8. Keep your friends close
Setelah lulus jangan putuskan tali silaturahmi tali pertemanan apalagi tali beha teman. Jangan ya. Serius, nasib orang beda-beda. Bisa jadi lo lebih beruntung atau sebaliknya. Saat lo lagi susah cari kerja temen lo pasti akan senang hati bantu lo atau mungkin rekomendasiin lo ke atasannya. Kalo lo yang udah kerja jangan juga lo putusin tali pertemanan, karna kedepannya lo gak tau, nasib orang bisa berubah-ubah tanpa ada yang nyangka.

APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MELAMAR PEKERJAAN?

"Dapet panggilan nih. Terus mesti apa lagi gue?"

1. Bawa CV
Yap, bawa CV. Karna pasti setelah lo dipanggil untuk ikut tes seleksi sebelum wawancara, pasti diminta CV lagi. "Lah yang lama kemana? Kan udah pernah ngasih.", hahaha lo merasa diri lo spesial mereka mau simpenin dokumen lo? Gini, CV yang lama kan disortir tuh, hasilnya lo kepanggil. Menurut gue kalo dianggap menarik ya cuma dibutuhin nomor dan email yang bisa dihubungi aja, mereka gak mau repot-repot simpenin data lo. Mereka cuma bikin daftar siapa aja yang kepanggil dan kontaknya aja.

Saat lo wawancara juga diminta lagi nanti. Kalo hari tes seleksi dan wawancara terpisah.

2. Berpenampilan rapih
Jangan gondrong. Baju kemeja rapih celana bahan sepatu kalo bisa formal dan pake kaos kaki hitam. Ya itu buat cowok haha. Kalo cewek kurang paham nama baju bajunya. Pokoknya yang formal tapi santai jadi terlihat profesional. Makin lo terlihat profesional, makin menarik di mata penyeleksi. Perusahaan gak mau punya pegawai berantakan dan begundal.

Ah, saran gue nih ya, hindari menggunakan kemeja putih dengan bawahan hitam, lo mau cari kerja bukan sidang skripsi. Mungkin begitu rapih, tapi gak menarik. Jangan pake jas juga. Lo mau jadi pegawai, gak langsung jadi bos. Dan buat yang mengaku laki, bawa sisir dan pake gel rambut, jadi rambut rapih terus. Kumis dan jenggot jangan terlalu panjang, kalo bisa bersih. Banyak perusahaan yang senengnya begitu apalagi di bank.

3. Datang tepat waktu
Oh jelas, siapa yang suka punya pegawai dateng terlambat? Mungkin emang belom jadi pegawai, tapi dari cara kita dateng aja personalia atau perekrut udah bisa nilai cara lo dateng. Masa belom jadi pegawai aja udah terlambat dateng? Perusahaan sih ogah.

Saran gue, dateng jangan terlambat dan jangan buru-buru. Dateng dengan sikap tenang gak buru-buru, gak gedebak gedebuk, gak lari-lari, gak keringetan.Sebisa mungkin lo harus selalu terlihat tenang, santai, rapih baik itu baru dateng atau saat pulang.

4. Bawa alat tulis
Siapa tau lo perlu untuk catet atau apa. Atau lo bisa gunain gadget lo, kalo ada yang perlu di catet lo bisa ketik di memo, lebih praktis dan modern.

5. Bersosialisasi
Atau berkomunikasi dengan yang lain. Jangan diem aja kayak batu. Penyeleksi juga perhatiin ini. Mereka gak mau punya pegawai yang gak bisa berbaur. Saran gue, coba ngobrol dan kenalan dengan pelamar yang lain. Tapi tetep sopan, jangan ngomong kasar atau yang gak enak didenger.

Biasanya di beberapa perusahaan ada namanya tes diskusi, itu menguji keaktifan lo dalam berorganisasi, apakah lo aktif, pasif atau malah mendominasi. Jangan sekali-sekali lo paksain pendapat lo ke orang lain, tiap orang punya hak yang sama untuk berpendapat. Jangan potong omongan, karna lebih enak potong kue. Sorry ngelantur. Jangan sampe lo mendominasi. Hargai pendapat orang dengan perhatiin dan dengerin dengan seksama pendapat orang lain. Banyak larangannya ya? Hahaha tapi ini beneran kok.


APA YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM WAWANCARA?

1. Persiapan mental
Oh iya dong, jelas. Masa udah ganteng, udah cantik, udah rapih, tapi gemeteran? Ditanya gelagapan banyak ah eh ah eh? Mantepin mental lo. Yakin lo bakal dapet pekerjaan yang ditawarkan itu. Harus percaya diri. Optimis tapi gak takabur gak ngegampangin.

Latihan ngobrol sopan, mau depan kaca kek, mau sama temen terserah. Jangan nanti pas ditanya cengengesan.

2. Kenali diri lo
Ya, lo harus kenal banget sama diri lo. Interviewer atau pewawancara akan bertanya tentang diri lo dan pengalaman kerja lo aja. Biasanya nanti akan ada pertanyaan kayak berikut ini, yaa paling umum sih:
a. "Anda melamar sebagai apa di perusahaan ini?"
Ini berupa tes, "tau gak sih lo sama apa yang lo lamar? Apa ikut-ikut aja?"

b. "Mengapa anda melamar di perusahaan ini?"
Jangan gak tau, jangan bilang nyoba-nyoba karna kesannya lo ngegampangin perusahaan. Coba puji sedikit, SEDIKIT AJA, tentang perusahaannya. Karna kalo kebanyakan terkesan jadi kayak penjilat.

c. "Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?"
Penting untuk cari tau latar belakang perusahaan. Kayaknya udah gue sebutin diatas tadi untuk cari tau tentang perusahaan. Bergerak di bidang apa, produk atau usahanya apa. Kalo ditanya ini jawab aja seperlunya, jangan mentang-mentang lo udah cari tau terus lo jabarin semuanya. Agak sotoy dan kurang ajar mendominasi wawancara itu. Pegawai bukan taunya detil banget haha. Gak perlu lo sebutin kapan dan tahun berapa perusahaan itu berdiri, sebutin direktur dan pejabat-pejabat tingginya dan hal-hal lain yang gak perlu. Jangan.

d. "Apa kelebihan anda?" atau "Kenapa kami harus merekrut anda?"
Apa hayo? Ini kesempatan lo untuk mempromosiin diri lo ke perusahaan. Sama kayak perusahaan jual produk ke konsumen. Oh produk saya lebih unggul dari produk B karna sudah bla bla bla dan ditangani oleh orang-orang yang ahli dibidangnya. Nah, begitu pun lo. Sebutin keahlian lo yang berkaitan dengan lowongan yang lo lamar. Jangan kepanjangan, jangan curhat tentang semua prestasi lo jangan terkesan sombong. Interviewer juga manusia, bisa gedeg kalo dengerin orang ngomong gede.

e. "Apa kekurangan anda?"
Ini paling menjebak. Lo boong pasti ketauan. Interviewer itu biasanya orang psikologi atau orang yang paham membaca gerak tubuh. Lo terlalu jujur, lo jelas gak direkrut. Inget! Gak ada yang gak punya kekurangan. Tinggal seberapa banyak kekurangan atau seberapa buruk kekurangan yang lo punya, itu aja. Coba sebutin aja kekurangan lo yang kira-kira mudah ditoleransi. Kalo lo ngelamar sebagai pekerja lapangan, bilang "saya kurang betah kalo kerja duduk berlama-lama di depan komputer" atau kalo lo ngelamar sebagai posisi staff office, bilang "saya kurang biasa kalo harus kerja lapangan, lebih biasa kerja duduk berjam-jam di depan komputer" atau "saya kurang suka lingkungan kerja yang bising dan ramai seperti di lapangan".

Malas, sering kesiangan, terlambat, mudah bosen, mudah jenuh is a BIG NO untuk pertanyaan ini.

f. "Domisili atau tinggal dimana?"
Perusahaan agak sangsi biasanya sama yang rumahnya jauh. Karna bisa jadi sering terlambat atau minta uang transport lebih. No, no, bukan berarti lo harus boong, tetep jujur dimana lo tinggal meskipun jauh. Tapi yakinin interviewer kalo jarak dan waktu bukan masalah buat lo karna sudah terbiasa kuliah atau sekolah jauh.

g. "Kalo anda diterima, anda mau gaji berapa?"
Ini krusial. Negosiasi bisa dimulai dari sini walaupun kadang cuma basa-basi, sekedar ngetes lo doang. Mereka jelas udah punya patokan untuk masalah gaji dan cuma mau liat harga yang lo tawarin terlalu mahal gak, kalo terlalu murah ya alhamdulillah buat mereka, lo di gaji di bawah patokan mereka.

Misalnya, mereka punya patokan gaji untuk pegawai baru 3,3 juta. Lo minta ketinggian misal 3,6 juta. Kalo mereka gak butuh banget lo ya lo dilewat karna kemahalan. kalo lo minta kerendahan, misal 2,8 juta. lo mungkin diterima tapi dia kasih gaji lo bisa jadi 3 juta atau 3,1 juta, yang jelas dibawah patokan mereka. Murah coy, kenapa enggak.


APA YANG DILAKUKAN SETELAH WAWANCARA?

1. Berdoa
Yak, berdoa aja semoga itu rejeki lo dan kalo bukan semoga cepat diberi jalan menuju rejeki atau cepat dapet pekerjaan yang sesuai keinginan lo.

2. Cari lowongan lain
Jangan terpaku sama satu lowongan, gue udah bilang tadi di awal. Karna setelah wawancara gak selalu langsung dikasih tau diterima apa enggak. Biasanya ada interview lanjutan, interview sama direksi mungkin.

Biasanya sih abis wawancara, interviewer bilang gini, "oke terima kasih atas kehadirannya, nanti untuk diterima atau tidaknya kami kabari maksimal 2 sampai 3 minggu". Nah kalo udah gini gak usah terlalu nungguin atau ngarepin nanti sakit hati. Kalo emang gak ada kabar yaudah sadar diri aja berarti gak diterima.

Well, gue rasa udah cukup banyak tips yang gue kasih. Yaaa cuma berdasarkan pengalaman gue aja sih, bukan dari ahli. Tapi mudah-mudahan memberi masukan dan membantu. Tetep semangat cari kerja! Jangan putus asa, jangan nyerah dengan pikiran "hah cari kerja susah, udahlah buka usaha aja." tapi kagak ada gerakannya gak tau caranya, cuma omdo wokowokowok.

Serius, semoga membantu yaa post gue kali ini, jarang-jarang nih post gue bener hahahaha. Kalo lo punya tambahan masukan atau pengalaman yang bisa membantu temen-temen yang lain, yuk di share di kolom komentar, biar kita saling berbagi, gak ada ruginya kok.

Okay terakhir, gue mau bilang terima kasih buat lo lo yang udah rela luangin waktu untuk mampir ke blog gue yang jarang update dan berantakan ini. Samapi ketemu dengan gue di post selanjutnya. Bye~

Sumber gambar:
https://blog-content.glassdoor.com/app/uploads/sites/2/job-seeker-sign.jpg

2 komentar:

  1. lebih ngeri interview apa pendadaran nohhh :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah? maksdunya gimana pendadaran?
      kalo interview sih gak usah dingeriin, dibawa rileks aja, namanya cuma ngobrol tanya jawab, pede ajaaa hehe

      Hapus

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil