"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Sabtu, 03 September 2016

Nomor Darurat dan Penting Di Indonesia Yang Lo wajib Hapal

"Perampokan!!! Kebakaran!!! Kecelakaan!!! Suara tembakan!!! Cepat telpon 911 sekarang!!!!"

Hahahaha, hey folks!! Ketemu lagi sama gue, ya iyalah, ini kan blog gue hahaha. Nope, yang diatas barusan itu gak beneran kok. Okay, sebenernya kali ini gue mau bahas tentang nomor darurat. Sering nonton film action hollywood? Yes, lo pasti sering denger orang teriak-teriak "call 911!!" iya kan? Nah sebagai mana kita tau 911 itu adalah Hotline atau nomor darurat di Amerika, dan mungkin beberapa negara lainnya.

Kadang kita mikir, kok orang luar keren yah, punya nomor darurat, kok Indonesia gak punya sih? Gak keren banget, pantesan tanggepannya lama kalo ada apa-apa. Well mungkin emang kitanya aja yang kurang wawasan haha. Faktanya, Indonesia yang kita cintai ini punya nomor darurat. Mudah dihapal juga kok.

Kadang kalo ada kebakaran atau perampokan atau kerusuhan atau ada bahaya apapun, orang Indonesia lebih seringnya langsung panggil Polisi. Ya gak salah sih. Tapi agak ribet gak sih? Karna biasanya langsung ngibrit ke Pos atau Kantor Polisi terdekat. Menurut gue akan makan waktu. Kalo lo warga situ enak tau dimana ada Pos atau Kantor Polisi. Lah kalo lo lagi wisata atau pergi ke daerah yang baru lo lewatin? Tengah malem pula gak ada siapa-siapa? Mau gimana?

Tenang-tenang Kepolisian Indonesia itu keren bro, cuma beberapa oknum aja yang sampah dan mencemarkan nama baik Polisi. Jujur, gue bangga sama Polisi. Keren. Baik. Cepat tanggap. Men, siapa yang gak tau teror bom di Sarinah, Jakarta? Itu Polisi kita gagah banget, berani baku tembak tanpa rasa takut. Bikin kita merasa aman, saking amannya kita bisa nonton sambil makan sate. Cuma emang gak boong, ada beberapa Polisi yang emang harusnya ditatar ulang atau diberhentikan karna atitudenya. Dan segelintir ini yang kadang bikin masyarakat gak percaya sama Polisi.

Sebenernya, bukan salah pekerjaannya, agamanya atau sukunya, tapi orang brengsek ya tetep aja brengsek, gak peduli apa pekerjaan, agama atau suku. Jadi kalo besok-besok ditegor, ditilang atau ditangkep, coba koreksi dulu diri lo, abis bikin salah apa lo, jangan main judge Polisi itu semena-mena.

Okay, okay, agak melenceng, sorry. Nah, seperti tadi gue bilang, Indonesia punya nomor darurat. Berawal dari rasa ingin tau gue tentang nomor darurat di Indonesia, karna seinget gue Indonesia punya beberapa. Berikut ini nomor-nomor penting yang gue rangkum dari wikipedia.


  • Polisi : 110
  • Ambulans : 118 dan 119
  • SAR : 115
  • Posko Bencana Alam : 129
  • PLN : 123
  • Pemadam Kebakaran : 113 atau 1131
  • Telepon selular dan satelit : 112
  • Konseling masalah kejiwaan Dir. Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa Kemenkes RI : 500-454
  • Penerangan : 108

Agak banyak sih yaa, tapi jangan lupa catet tuh di hape. Terutama nomor Polisi, Ambulans, SAR, Pemadam Kebakaran, dihapal kalo perlu. Yaa, semoga nantinya nomor-nomor darurat ini bisa jadi satu, biar lebih mudah buat masyarakat.

Oh iya, ini ada nomor tambahan, tapi khusus untuk Jakarta.

  • Penanganan Keracunan : (021) 4250767 atau (021) 4227875
  • Pencegahan Bunuh Diri (021) 7256526, (021) 7257826, (021) 7221810


Well, yeaaaah, mungkin segini aja post gue kali ini, cuma sharing aja. Semoga ada manfaatnya buat lo semua. Jangan lupa di share dan kasih tau ke temen-temen dan keluarga kalian semua tentang nomor penting ini. Sukur-sukur kalo mau share blog ini juga hahaha. Tetep berharap sih haha. Okay, jadi diinget yaa nomornya, dihapal, jangan sampe lupa. Okay sekian dari gue, sampai ketemu di post selanjutnya. Bye~


Sumber:

3 komentar:

  1. wah... thanks nih infonya, meski gaada nomor darurat kalo lagi kangen sih, tapi bolehlah ya.. hmmm

    btw ini kunjungan pertamaku, salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaa nomor darurat kangen hahaha. makasih yaa udah mampir, semoga sudi melipir-melipir ke sini lagi hehehe

      Hapus
    2. sama-sama...
      semoga...
      btw, sudah aku follow kak, kali aja mau follow balik :)

      Hapus

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil