"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Senin, 13 Juni 2016

Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan tiba! Ramadhan tiba!
Marhaban Ya Ramadhan!
Marhaban Ya Ramadhan!
Marhaban Ya Ramadhan!

Yes!! Selamat datang bulan puasa dan selamat datang para pembaca ga je blog!. Iya tau gue telat seminggu, tapi ya gapapalah yaaaa, daripada enggak sama sekali haha. Jadi, yang muslim pada puasa gak nih?? Puasa dong yaaaa, masa enggak, malulah, yaa kecuali cewek-cewek yang lagi pada dapet. Gue? Alhamdulillah masih  puasa.

Okay, gue mau tanya deh, seberapa semangat sih lo nyambut bulan Ramadhan kali ini? Excited? Atau  malah biasa aja karna gak berasa? Jujur aja, sebelum memasuki bulan puasa kemaren gue gak punya semangat Ramadhan, rasanya biasa aja, gak wah, gak excited sedikitpun. Gue agak merasa kecewa sama diri gue dan orang-orang lain yang gak semangat sama Ramadhan kali ini. Semua bersikap biasa aja bahkan sampe tepat satu hari sebelum Ramadhan, kayak gak berasa akan ada apa-apa.


Agak sedih juga gue sebenernya, mall yang sekarang beda banget sama mall yang dulu. Dulu jaman gue kecil, beberapa hari sebelum Ramadhan, atribut ramadhan mulai dipasang, macam spanduk, poster, lagu-lagu religi dan lain-lain. Sekarang gak terlalu heboh, kadang disetel lagu Dawin yang judulnya dessert, iya sih lagi ngetrend hahaha. Cuma jadi gak berasa aja Ramadhannya. Iyaaa, tau ini bukan negara islam, gak boleh egois karna islam bukan satu-satunya agama di Indonesia. Tapi coy, sumpah, gue iri, karna beda banget sama perayaan Imlek atau Natal. Dua perayaan ini kayaknya spesial banget deh gak tau kenapa. Di mall, di berita, di media di mana-mana. Beda sama waisak, nyepi atau hari lainnya. Ya mungkin Idul Fitri rame juga, tapi udah gak serame dulu aja. Dulu kesannya warna-warni, macem negeri penuh perayaan. Sekarang, yang masih meriah cuma Imlek sama Natal. Yaa, mungkin cuma perasaan gue aja kali ya. Bukan bermaksud menyinggung SARA, cuma bingung aja, yang sekarang tuh beda gitu. Imlek sama Natal, biasanya ramenya sebulan, atribut di mall kadang ada yang lebih lama di pasangnya. Apa males nyopot karna terlalu banyak atau apa gak taulah. Ya ini bagus dan gue berharap gak sampe luntur perayaannya. Tapi ya gitu, gue iri, kenapa Ramadhan gak terlalu meriah sekarang.

Gue punya beberapa pemikiran, tentu aja yang super asal dan super sotoy sebagai orang awam, menurut gue kenapa sekarang atribut Ramadhan dan lebaran gak terlalu lama dipasang adalah mungkin yaa, mungkin, karna orang banyak yang pulang kampung a.k.a mudik. Jadi kayak, percuma dipasang lama-lama, penduduk pada banyak yang pulang kampung, siapa yang mau liat? Yaaaaah, cuma pemikiran gue aja. Pemikiran gue lainnya itu, karna semakin majunya teknologi. Men, jaman sekarang belanja gak mesti ke mall. Dari dalam kamar sambil garuk-garuk pantat aja kita bisa belenjong. Cari baju, celana, sepatu, topi celana dalem, beha, yaa apapunlah, termasuk cari jodoh, meski agak sulit. Jaman makin mudah sekarang, tersedianya situs dan aplikasi jual-beli online bikin orang yang biasa belanja buat baju buat lebaran jadi gak ke mall. Ngapain ke mall? Di rumah sambil garuk-garuk pantat juga bisa.

Ini yang mungkin penyebab Ramadhan kali ini makin kurang meriah. Sedikit berbeda sama Imlek atau Natal, kalo orang islam di Indonesia, kebiasaan mau lebaran adalah belanja baju buat pamer atau adu kece sama keluarga besar atau tetangga di hari lebaran, makanya dulu banyak yang ke mall, pusat grosir, tanah abang dan lain-lainnya. Yang tentu aja sekarang berkurang karna belanja online, jadi gak ada lagi yang di cari di mall, paling acara bukber SD, SMP, SMA, kuliah, kantor, temen deket, temen rumah, komunitas a, komunitas b. Bener gak? Ahahaha, kalo lo sanggup datengin setiap undangan bukber, lo sosialita beudz atau temen lo sedikit. Tapi kalo Imlek dan Natal, orang-orang banyak yang ke mall dan bikin tambah meriah perayaannya. Kenapa? Karna orang-orang gak cuma belanja, tapi juga pengen liat Sinter Klas atau barong sai, biasanya sih ada di mall-mall gede. Mungkin ini yang bikin tetep rame.

Kayaknya agak ngelantur ya, ngelantur gak sih? Ahahaha. Ya gitu deh intinya, Ramadhan kali ini gak begitu meriah. Gak tau buat orang lain sih, cuma di mata gue ya begitu dan itu juga yang gue rasain. Dulu gue jaman bulan puasa gini kalo pagi jalan bareng temen rumah gue, keliling-keliling komplek bahkan nyebrang-nyebrang ke komplek tetangga. Sekarang, pagi-pagi gue juga jalan, tapi ke kantor. Naik motor deh, gak jalan. Berangkat pagi pulang sore ditambah kena macet di jalan. Jujur gue yang masih tinggal sama orang tua, baru buka bareng keluarga gue sekali haha, sisanya di perjalanan sama di masjid, oh iya, sama di Segarra, Ancol. Gokil keren banget. Nah ini nih sebenernya yang mau gue ceritain dari awal ahahaha. Terlalu bersembelit.

Seperti gue bilang, gue kehilangan semangat Ramadhan. Tapi Allah yang maha dari segala maha bikin gue punya semangat Ramadhan lagi. Dan gue agak terharu karna gue pria sensitif :')

Jadi puasa pertama itu, gue jalanin dengan biasa aja. Berangkat kerja, kerja, pulang kerja. Dari sebelum Ramadhan gue udah memperhitungkan gue gak bakal sempet buka puasa di rumah bareng keluarga. Jarak dan macet yang gue tempuh hampir setiap hari ini udah jadi alasan kenapa gue punya pemikiran gak bisa buka di rumah. Jadi gue punya niatan buat buka di kantor, gapapa beli camilan atau sekedar beli minum buat batalin puasa aja, abis itu gue bisa pulang dan buka puasa di rumah. Tapi, di hari pertama puasa itu, kantor udah pas jam pulang. Begitu teng jam pulang kantor hampir semua angkat tas terus pulang. Gue bisa sendirian, OB juga gak tau pada kemana. Yauds akhirnya gue pulang. Gak pelan tapi juga gak ngebut, gue pulang naik motor. Bener aja sesuai perkiraan gue gue buka di perjalanan.

Adzan maghrib udah berkumandang dan gue masih enjot-enjotan naik motor di jalan macet. Agak kurang kerjaan sih sebenernya. Gue kejebak macet, gak ada orang jual minum. Gue melongo aja liat beberapa pengendara yang bawa minum udah buka puasa. Gue masih lanjut perjalanan. Liat warung jual minum atau stand jual takjil, tapi gue gak bisa minggir buat berenti, gue di tengah-tengah. Gue jalan terus, sampe akhirnya gue nemu masjid. Lumayan rame sama pengendara motor pada berenti juga. Baru parkir, gue udah punya pikiran batalin pake air keran aja kali ya, ada yang jualan sih, cuma takut gak keburu solat maghrib kalo gue jajan dulu. Jadi gue masuk ke halaman masjid bareng orang-orang lainnya. Yang dateng langsung disambut sama salah seorang pengurus masjid, dikasih kurma, air minum sama ditawarin makanan yang ada di dalem masjid. Rupanya masjid ini emang nyediain bukaan dan awalnya gue sempet heran kok baik banget masjid disini. Tapi gue pikir lagi, ya inikan masjid, ya wajar begini. Tapi karna gue baru pertama kali buka puasa di mesjid, jadi gue baru tau aja suasananya kayak gini. Dan gue terharu.

Jujur aja, saat itu semangat Ramadhan langsung bergelora di dada gue. Ngeliat orang-orang yang sebenernya gak saling kenal satu sama lain berbagi makanan dan minumannya untuk orang-orang yang baru dateng dan belom buka puasa. Walaupun cuma gorengan dan kue-kue sama air putih, tetep aja gue ngeliatnya wah. Seneng aja liat orang berbagi. Biasanyakan liat orang rebutan hahaha.

Abis pada makan langsung pada ambil air wudhu terus solat maghrib jama'ah. Bekas makanan juga gak ada yang berantakan, orang-orang tetep pada jaga kebersihan. Gue juga seneng liat muka-muka orang-orang ini, keliatan ada ekspresi bersyukur banget, walaupun hidangannya gak seberapa. Kalo gue liat beda banget sama orang-orang yang biasa buka puasa di rumah atau di restoran, walaupun gak semua, tapi biasanya orang yang buka di rumah atau di restoran, cenderung rakus, kayak orang kelaparan. Iya emang laper sih, cuma tetep jagalah jangan sampe jadinya rakus. Di dorong rasa lapar mata sama bales dendam, kadang makan pada sampe kekenyangan. Ya apa gunanya puasa kalo lo jadi rakus? Setau gue, puasa itu kan menahan hawa nafsu, membelenggu setan dalam diri lo. lah kalo pas buka lo makan kayak orang kesetanan, apa iya manfaat itu puasa? Di ajaran agama gak baik, di kesehatan juga tetep gak baik. Abis makan, begah solatnya susah, terus duduk dulu nonton tipi dengan alasan biar makanannya turun dulu terus bablas maghrib. Ada aja yang begini.

Ini juga jadi pengalaman gue. Karna gue pernah begitu juga. Kekenyangan susah solat. Begitu adzan langsung batalin puasa, padahal adzan ashar. Enggaklah. Begitu adzan maghrib, langsung doa terus minum air putih atau teh. Abis itu ngiler liat makanan. Ronde 1 comot lontong sama gorengan, satu porsi. Begitu abis, langsung syrup atau es buah. Ronde 2, makan nasi dengan lauk yang macem-macem dan minum dua gelas air putih. Begitu selesai, perut gue begah, susah solat maghrib. Duduk bentar, adzan isya, maghrib malah bablas. Gue nyesel. Hari berikutnya, begitu adzan maghrib gue batalin puasa langsung solat maghrib. Abis solat baru makan 2 ronde kayak kemaren. Laper mata. Kenyang, begah gak kuat teraweh. Berlebihan emang gak pernah baik. Emang gak semua orang kayak gue gitu, tapi gue tau gue gak sendiri. Ngaku! Siapa yang pernah kayak gue?!

Cerita lain saat gue bukber. Begitu Adzan maghrib, batalin puasa, makan walau gak sebanyak di rumah, terus ngobrol dan foto-foto. Adzan isya yang malah hampir gak pernah ngeh. Maghrib bablas. Nyesel. Susah kalo udah ketemu temen, apa lagi temen lama. Kalo udah ketemu pasti rumpi, ledek-ledekan, foto-foto. Gak berasa tiba-tiba udah malem.

Buka di mesjid emang bikin gue jadi semangat lagi, beberapa hari gue buka puasa di masjid. Tapi gak mau selalu di masjid juga gue. Gak enak juga rasanya yang nyikat makanan gue lagi-gue lagi, walaupun gak ada yang masalahin. Jadi beberapa hari setelahnya gue buka puasa di pinggir jalan. Gue udah siapin minum dari rumah. Selesai batalin puasa gue gas lagi biar bisa solat maghrib di rumah, baru makan.

Ah apaan sih. Jujur aja nih ya, ini post gue bikin dari pagi sampe sekarang udah setengah 5 sore. Lewat setengah jam dari jam pulang. Bukan sibuk, jujur gue gak ada kerjaan seharian, bosen, gabut, ngantuk, gak fokus. Post ini ama karna banyak orang kantor seliweran nyari Pak Hasan. Gak enak gue kalo keliatan gak kerja, jadi kalo ada yang lewat gue langsung buka laporan bulanan yang udah beres bahahahaha.

Oh iya gue belom cerita ya, gue punya meja sendiri sekarang. Gak nebeng Pak Hasan lagi. Dua orang temen kantor gue, staff marketing yang seruangan sama gue pindah ke kantor barat. Salah satu mejanya buat gue. Dan gue dapet komputer baru. Wihihiw, kece bener ini komputer. Kapan-kapan dah gue ceritain ahahahaha. Betah deh gue, betaaaaahh.

Oh iya maaf atas post yang agak ngelantur, muter-muter dan mungkin banyak gak nyambungnya kali ini. Gue kurang konsen. Gue ngantuk ahahaha.

Well, segini ajalah post kali ini, daripada makin ngelantur dan juga karna gue mau pulang, udah sepi di kantor ahahaha. Okay, selamat berpuasa, bangkitkan semangat Ramadhan, jangan lupa minum sirup, es buah, kolak, candil dan takjil-takjil khas Ramadhan lainnya. Jangan sahur dan buka puasa berlebihan, gak baik. Semoga puasanya pada kuat dan berkah. Jangan mampir ke warteg siang-siang. Ke rumah makan padang aja. ya jangan jugalah ya hahahaha.

Okay, sekali lagi selamat berpuasa, sekian post kali ini dan sampai ketemu di post gue selanjutnya. Bye~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil