"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Sabtu, 21 Mei 2016

Akhirnya Dapet Pekerjaan Yeaaaaaaaahhhhh!!!!!

Well, hello my friend!! Baru post lagi, agak canggung karna post kali ini gak pake laptop sendiri. Gue bikin post ini pake komputer punya boss gue di kantor. Agak lancang dan yap, gue udah kerja. Yaaaa, masih uji coba. Udah hari ke-2. Well yeaaaaahh, lumayan jadi staff manajer dan staff supervisor. Kenapa gue berani lancang? Ya lo tau gue, kurang ajar. Okay, jadi gini, hari ini boss-boss gue lagi pada rapat di luar kota dan baru aja pada berangkat dari kantor. Konon katanya juga sewa dangdutan. Yaaa, sengupingnya gue aja sih kemaren hahahaha.

Tentang pekerjaan gue. Gue dapet tawaran dari om gue, buat kerja di kantornya karna lagi dibutuhin 5 orang untuk pos berbeda di lapangan dan gudang. Bukan posisi ya, pos. IPC Logistic Service atau dulunya dan lebih dikenal dengan nama PT Multi Terminal Indonesia (MTI), di pelabuhan Tj. Priok. Sekitar tiga hari lalu, malem-malem gue di telpon om gue, nawarin kerja, kalo mau paginya langsung dateng buat wawancara. Gue langsung semangat dan langsung mengiyakan tawarannya. Jadi gue langsung siap-siapin surat lamaran dan semua yang perlu buat besok paginya. Udah selesai semua, gue minta alamat dan berangkat besok paginya.

Besok paginya, hari kamis. Gue berangkat dengan senang hati, semangat. Bahkan mungkin cuma gue yang senyum di tengah macetnya Pulo Gadung. Satu yang gak kepikiran, gue tau pelabuhan sebelah mana, cuma gak tau pintu masuknya yang mana. Jadi gue mutusin buat ke daerah Warakas di Priok, ke tempat nenek gue, buat nanya om gue yang lain tapi kerja di MTI juga. Untung om gue ini, om Yus, lagi off dari pola shift pelabuhan, jadi gue bisa sekalian minta anterin sampe kantor.

Jam 9.00 gue udah sampe di depan kantor timur CDC Banda, MTI. Gue di suruh langsung ke lantai 2 dan bilang mau ketemu pak Hasan --om gue yang nawarin kerjaan-- buat wawancara. Gue naik dan gue linglung, lantai 2 itu tempat billing dan loket surat jalan Container, boro-boro mau nanya orang pada sibuk, hape gak ada pulsa, akhirnya gue turun lagi nemuin om Yus buat minjem hape nelpon om Hasan. Setelah nelpon gue di suruh naik lagi dan masuk ke pintu yang ada tulisan "Khusus staff", "Dilarang Masuk" dan "Dilarang merokok". Lah segen juga gue main masuk-masuk aja kan. Walaupun gue kurang ajar, tapi ya gak selalu, kadang-kadang aja. Gue intip-intip sebelum masuk, setelah gue liat om Hasan gue langsung masuk.

Gue langsung di sambut dan dianter buat kenalan sama pak Agus, manajer di sini. Gue liat di ujung koridor ada beberapa orang yang keliatan masih kaku sama tempat ini lagi duduk ngariung di depan logo kantor. Baru juga pikir gue, siap-siap mau wawancara. Abis kenalan ama pak Agus, ternyata om Hasan cuma ambil bangku buat gue duduk bareng anak baru tadi. Okay, gue siap wawancara. Belom gue kenalan ama mereka, manajer personalia, atau di sini bilangnya SDM & Umum dateng. Pak Dasril namanya, orangnya santai, tinggi besar, jenggotnya lebat agak panjang. Dia kenalin diri dan suruh kita --anak baru-- pada kenalan. Dia jelasin, kenapa dia gak publish lowongan kemana-mana, karena dia males ribet, contohnya, kayak sekarang butuhin cuma 5 orang, yang naro lamaran bisa 5000 orang. Jadi dia lebih seneng kasih taunya dari temen ke temen biar gak keluar biaya dan bisa lebih dipercaya juga kelakuannya. Nah, jadilah itu anak baru berlima dijelasin tentang sejarah perusahaan, mereka di bidang apa, lahannya apa dan segala macemnya. Setelah dijelasin, mulai satu per satu ditunjuk ke bagian atau pos mana. Ada yang di Lapangan 215x, tempatnya container ditumpuk, ada bagian behandle (ini gue gak ngerti, tapi katanya urus dokumen-dokumen container), ada yang di gudang, ada yang di office buat bantuin pak Agus (Manajer) sama pak Hasan (Supervisor gudang dan lapangan, sekaligus om gue) dan gue ke bagian gate, tempatnya container keluar masuk, tugasnya ngecek dan input nomer container dan surat jalan mereka. Well, okay gak masalah gue. Setelah di bagi, pak Dasril nanya lagi ke kita para anak baru, "Gimana? Ngerasa cocok gak? Bilang aja kalo ngerasa kurang cocok atau masih bingung sama tugasnya. Tapi ya nanti saya anter ke bagiannya masing-masing dan untuk lebih mendalam sama tugasnya kalian bisa tanya sama penanggung jawab di bagian kalian di sana."

Kita cuma pada manggut-manggut aja tapi gak ngomong apa-apa. Mungkin karna merasa garing, pak Dasril nanya lagi satu-satu, latar belakangnya apa, kerja dimana sebelumnya. Mereka jawab satu-satu, 3 orang lulusan SMA dan udah pernah kerja sebelumnya, tapi gak satupun yang punya pengalaman di pelabuhan

"Kamu sebelumnya kerja dimana?" pak Dasril nanya gue.
"Belom pernah kerja pak, baru lulus kuliah desember kemaren."
"Kuliah dimana?"
"Gunadarma pak, yang di bekasi."
"Jurusannya apa? Kamu S1? Atau D3 kayak dia?" tanya pak Dasril sambil nunjuk sebelah gue.
"Saya S1 manajemen pak, manajemen umum." Jelas gue.
"Oh kamu S1? Gapapa kamu kerja di lapangan? Malu gak?"
"Ah gapapa pak, gak masalah saya mah, kerja di mana aja, malah malu saya kalo gak kerja-kerja hahaha." Gue sambil ketawa-ketawa biar suasananya gak beku banget.
"Oh yaudah, mudah-mudahan betah yaa."
"Iya pak haha."

"Kalo kamu sebelumnya kerja di mana? S1 juga kamu?" tanya pak Dasril ke Ismail --anak baru yang duduk sebelah gue--.
"Saya SMA pak, saya sebelumnya di gudang juga pak, tapi gak di pelabuhan, PT PT gitu." jawab Ismail.
"Oooh, tapi kamu biasa pake komputer ngetik-ngetik gitu kan? Soalnya tugasmu itu bantu pak Manajer sama Supervisor bikin-bikin laporan, surat-surat sama dokumen-dokumen gitu."
"Pake komputer bisa pak, cuma gak terlalu ahli aja."
"Kamu minatnya di mana sebenernya?"
"Di lapangan pak."
"Hhmmmm, gini deh, kamu bisa pake komputer?" pak Dasril nanya lagi ke gue.
"Bisa pak."
"Tapi kamu ini gak, hmm, lihai gak pake komputer, ngetik-ngetik gitu?"
"Iya pak, bisa, biasa pake komputer juga saya."
"Nah iyalah, S1 manajemen masa gak bisa pake komputer ya? Hahahaha...." pak Dasril jadi ketawa sendiri. ".... gini deh, gimana kalo kamu berdua saya tuker aja posnya? Keberatan gak?" tanya pak Dasril ke gue sama Ismail.

"Enggak pak, gapapa." Jawab gue.
"Saya juga gak masalah pak." Kata Ismail.
"Nah yaudah, beres ya kalian berdua ya."
"Iyaa pak." Jawab gue berdua.

"Nah sekarang saya jelasin tentang jam kerjanya ya, kalo bagian lapangan dan gudang itu kena pola shift, 2 pagi, 2 malem, 2 libur. 1 shift 12 jam, jadi masuk kan jam 8 pagi nih, jadi kamu pulang jam 8 malem, biar kena 1 shift. Beda sama kamu...." pak Dasril nunjuk gue. ".... kalo bagian office, 1 shiftnya dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore, masuk senin sampe sabtu, jadi libur 1 hari doang, gapapa?"
"Gapapa kok pak."
"Yaudah sekarang kita turun ke bawah yuk, saya daftarin absen kalian, soalnya di sini absennya gak pake tanda tangan, pake absen sidik jari sama foto wajah."

Kita langsung dibawa ke ruang absen, di deket parkir motor. Daftar absen, masukin nama, sidik jari, foto komuk. Beres. Kita balik lagi ke atas, nemuin pak Hasan sama pak Agus dan anter gue ke bagian gue. Satu ruangan sama om gue, pak Hasan, tapi gue blom dapet meja. Di ruangan ini ada 4 meja, 1 pelayanan pelanggan, 2 marketing, 1 meja pak Hasan. Sebenernya marketing mau dipindah ke kantor barat, tapi denger-denger sih hari senin. Jadi sementara, gue diajarin bikin laporan pake komputernya pak Hasan. Iya yang sekarang gue pake ini.

"Ini ruangan kamu, masuk aja, duduk di bangku situ, sambil nunggu pak Hasan." pak Dasril nyuruh gue masuk.
"Oh iya pak. Saya duduk sini aja gapapa pak?"
"Iya gapapa, orangnya udah pindah kok. Yaudah saya tinggal yaa, daaah." pak Dasril lambai tangan tanpa liat gue. Mereka ninggalin gue sendirian di ruangan kosong.

Gue bengong, terus ngapain gue ini? diem  doang. Beberapa kali orang masuk, nanyain ada pak Hasan apa enggak, gue jawab gak ada siapa-siapa dari tadi. Malah ada yang minta tanda tangan gue, harusnya tanda tangan pak Hasan, buat persetujuan, eh dia malah minta gue wakilin pak Hasan. Mana berani gue, anak baru kagak ngerti apa-apa suruh tanda tangan.

Setelah berlama-lama kemudian dalam kesendirian. Kesannya jadi kayak tweet-nya jomblo ya ahahaha. Akhirnya pak Hasan --om gue-- dateng.
"Gimana gi? Pak Dasril bilang apa?"
"Kata pak Dasril Eggy di tempatin di sini buat bantu om, sama pak Agus. Soalnya yang harusnya di sini maunya di lapangan."
"Oh yaudah gapapa, malah enak deket om kerjanya. Sini, nanti kamu tugasnya paling bikin-bikin laporan aja kayak gini nih." Om Hasan nunjukin laporan-laporan dari meja dia.
"Oooh, iya, kalo begini sih mudah-mudahan bisa, gak ada masalah om."
"Yaudah begitu-begitu aja, paling sama bikin surat pake eoffice enak malah udah ada formatnya tinggal ketik. Nanti om ajarin, tapi om mau keliling dulu ya, kamu tunggu sini aja."

Nah jadilah gue sendirian lagi. Lama. Berulang lagi. Ditanya-tanyain pak Hasan mana lagi.

Abis om gue keliling-keliling, dia ajarin gue sekilas-sekilas aja, karna baru pertama kali. Biar paham aja. Belajar ampe sore, sambil ditinggal-tinggal om gue. Maklum, sibuk doi, supervisor gudang & lapangan, jadi keliling terus. Udah sore, jam 5an lah, gue pamit sama om gue biar dia gak nyariin, terus gue balik, sekalian gue mau potong rambut. Udah ditegor pak Dasril dari sesi perkenalan hahahahaha. Gak bisa gondrong lagi dah.

Yaaa, jadi begitu hari pertama gue masuk kantor. Sebenernya gue nih mau cerita sampe hari pertama efektif kerja atau uji coba, cumanya nanti ini post kepanjangan jadi bosen lo bacanya hahaha. Gak sih, gue rada susah nerusin, staf yang lain yang seruangan sama gue udah dateng, jadi cuma colongan gue ngetik ini, gak enak kalo ketauan bahahahahahaha. Tadi aja gue sepiknya coba belajar bikin laporan sama mantengin email pak Hasan bahahahaha. Untung doi percaya.

Yauds, udahan dulu dah yaaak. Deg-degan coy, ilang mood nulis juga gara-gara ngetik dikit-dikit hahahaha. Semoga lancar dan betahlah gue di kantor ini. Buat lo yang pada belom kerja, semoga pada cepet dapet kerja yaaak, gak usah pilih-pilih kerjaan buat lo yang pada belom punya pengalaman kayak gue. Yang penting belajar dulu. Yailah, jadi sok ngajarin bahahaha. Okay, kalo gitu sampe ketemu di post gue selanjutnyaaaaa.

Yudadababay~

4 komentar:

  1. kalau ada lowongan yang bener kabarin dong, termasuk korban Appco :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha sabar yaaa, emang udah banyak menelan korban itu perusahaan, coba cari di jobstreet aja, tapi selektif selalu liat latar belakangnya. terus coba buka-buka bursakerjadepnaker.com atau web-web lain yang suka bagi info lowongan. coba juga buka web-web perusahaan, liat info karirnya, biasanya suka ada cuma kadang suka banyak yang gak tau. banyakin juga relasi, komunitas atau grup haha. karena biasanya perusahaan-perusahaan yang gak terlalu besar kasih info loker cuma dari mulut ke mulut ajaaa. ini gue juga dapet info dari om gue malahan hehe. tetep semangat dan jangan putus asa yaaaaaaa

      Hapus
  2. Keren baca tulisannya, sepertinya anda berbakat jd penulis.awalnya mau cari info ttg perusahaan yg dilamar. Ketemu tulisan ini, jd semangat cari lowker lg. Sukses selalu utk semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, makasih yaa, jadi malu dibilang berbakat. Semangat terus cari kerja!! Tapi jangan sembrono jugaaa, teliti dan pahami sebelum melamar hehehe. Sukses!!

      Hapus

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil